Resensi Buku : Positive Thinking (6 LANGKAH BERFIKIR POSITIF)

Resensi Buku : Positive Thinking (6 LANGKAH BERFIKIR POSITIF)

By: Norman Vincent Peale

 

Sambil mengisi waktu luang, kemarin aku sempatin baca buku “Norman Vincent Peale” yang sudah mulau using ditumpukan buku di gudang rumah, kertasnya aja udah berubah warna jadi rada kecoklatan, tapi buku ini benar-benar menarik perhatianku. Berhubung karena bukunya juga ga terlalu tebal, ga nyampe sehari penuh aku sudah habis membacanya. Habis baca bukunya, aku tertarik menuliskan resensi nya, biar lebih bisa diingat dan suatu saat ntar pasti berguna banget…

 

BAB 1 : TIDAK ADA MASALAH YANG TERLALU BESAR UNTUK DIATASI

Berterimakasih atas semua masalah yang ada dalam hidup kita. Dengan adanya masalah kita akhirnya sadar bahwa hidup membutuhkan perjuangan. Dan pada akhirnya masalah yang akan mengajarkan kita untuk terus bertumbuh dewasa. Tanpa masalah dalam hidup ini kita akan terus berjalan ditempat tanpa bergerak maju dan memperbaiki diri.

                Tiga langkah menuju sikap mental yang positive adalah:

1.       Apabila masalah datang, pikirkan terlebih dahulu, jangan langsung memberikan reaksi, seimbangkan emosi dan rasionalitas.

2.       Menjadi seorang pemikir “bagaimana”

Aku tidak akan jadi pemikir “seandainya” tetapi seorang pemikir “bagaimana”

Bukan terus membuat khayalan tapi mencari solusi dari setiap masalah yang datang.

Stanley Arnold berkata : “Setiap masalah mengandung benih-benih penyelesaiannya sendiri” , jadi apabila masalah dating segera cari penyelesaiannya. Pemikiran “seandainya” sebenarnya menunjukkan kerapuhan.

3.       Percayalah bahwa anda bisa, maka anda akan bisa.

Harapkan yang terbaik dan dapatkanlah itu

Matius 7:7

 “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan  dibukakan bagimu”.

 

2 Timotius 1:7

Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

 

R.Gene Sealf: “ Jikalau saya tidak percaya pada diri saya sedniri, maka saya tidak akan dapat mengharapkan entah siapapun percaya kepada saya”.

 

Masalah kita adalah mutiara yang amat berharga karena dari masalah kita akan muncul hal-hal besar dalam kehidupan kita.

Agar setiap masalah bisa kita atasi, maka kita perlu memperkecil masalah kita dalam proporsi yang sebenarnya, mugnkin dengan cara-cara ini:

·         Kosongkan perasaan takut, panic, dan tidak cukup berpengetahuan

·         Berpikir dengan rasionalitas objektif

·         Langsung segera atur masalah tersebut. Tanamkan prinsip: “Saya lebih besar dari masalah ini”.

·         Bekerja terus mencari solusi dan berdoa hingga maslaah itu terus mengecil dan akhirnya selesai

 

Dalam menghadapi masalah, tetap andalkan Tuhan Penciptamu, karena kita nggak akan mampu menghadapi hidup ini sendiri, tidak akan pernah mampu. Segera menghubungi nomor telepon Allah di Yeremia 33:3, saluranNya tidak akan pernah sibuk dan Ia akan selalu menjawab seruan kita.

“Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui”.

 

Yakinlah,,, jika seseorang bertekad untuk menghadapi sesuatu, maka sesuatu itu akan cenderung merangkul dan akhirnya memberi jalan keluar… (Pada buku dan film “The Secret” hal yang sama juga dituliskan…)

 

BAB 2: KEBERANIAN – TIDAK ADA YANG AKU TAKUTKAN

Semua ketakutan bisa kita kendalikan, setidaknya ada tiga tahap utnuk menghilangkan ketakutan, yaitu:

1.       Putuskan menjadi seorang yang ebriman

2.       Selesaikan satu persatu ketakutanmu. Jangan turuti perasaan takut yang ada, hadapi dan segera atasi.

3.       Tingkatkan iman anda

Satu-satunya yang ditakuti di dunia ini adalah ALLAH. Ketakutan apa pun di dunia ini, semuanya bisa ditaklukkan di dalam Dia.

Mazmur 23:4

“ Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku ”.

 

Rahasia keberanian hanyalah mengakui perasaan-perasaan kegagalan anda secara utuh.

 

***

Kembangkan kemauan menulis…

Kisah-kisah gagal atau berhasil dari perjalan hidup ini, tulislah…

Kelak banyak pelajaran yang bisa kita pelajari kembali J

 

Seorang pemberani, bila berhadapan dengan ketakutan akan melangkah terus walaupun dia mengakui ketakutannya.

Jika kita menunggu saat yang sempurna di saat segalanya aman dan terjamin, mungkin saat seperti itu tidak akan pernah tiba. Gunung-gunung tidak akan didaki, perlombaan tidak akan dimenangkan atau kebahagiaan abadi tidak akan pernah dicapai.

So,,, jangan pernah takut menghadapi segalanya, terus berjuang dan belajar hal-hal baru, hidup ini menyenangkan dan penuh tantangan.

 

BAB 3: BERSEMANGATLAH: HIDUP INI MENGGAIRAHKAN!!!

“Tidak akan pernah ada hal yang besar bisa dicapai, tanpa SEMANGAT!!!”   by: -Emerson-

Jangan pernah kehilangan semangat!

 

Kasihi dunia ini, keindahannya dan orang-orang yang ada di dalamnyamaka semangatnya akan berlimpah dan kehidupan akan penuh kegembiraan.

 

Anda bisa berubah!!! Saya bisa berubah!!!

Berubah dari seseorang yang merasa bukan siapa-siapa menjadi seseorang yang penuh semangat dan bercahaya karena aku adalah seorang ANAK ALLAH.

 

Bagaimana mengembangkan semangat?

1.       Langsung mulai hari ini

H. Danforth : “ Pikirkan dan awali pagi anda dengan hal-hal terbaik, pikirkan hal-hal yang membangkitkan, lakukan dan raihlah maka kegembiraan dan semangat akan mengalir dalam hidup anda”.

2.       Baca Alkitab anda!!!

Alkitab adalah wahyu Tuhan, sumber pembangkit semangat…

Markus 9:23

Jawab Yesus: “Katamu: jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!”

 

Matius 21:22

“Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.”

 

3.       Kasihilah kehidupan dan sesama manusia

4.       Awasi tingkat energi anda

 

Dua cara pembangkit iman:

·         Setiap pagi dan setiap malam dalam hidup ini ucapkan Filipi 4:13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

·         Tiga kali sehari  katakan Mazmur 118:24 “Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!

 

Pikirkan 3 hal yang paling penting dan indah dalam hidup anda!!! Biarkan semangat menguasainya!!!

 

3 hal yang paling penting dan indah dalam hidup seorang Dameria adalah:

1.       Tuhan, Pencipta saya

2.       Keluarga dan orang-orang yang kusayangi

3.       Masa depan saya

 

Cari dan Gunakan “motivator sendiri”!!!

·         Selamat datang masalah, aku siap!!!

·         Allah yang punya hidupku!!!

·         Yesus sempurna, aku adalah ciptaan-Nya, aku harus lakukan yang terbaik!!!

·         Jangan kecewakan mereka yang berharap dan berdoa untukmu!!!

·         Semangat,,,pasti bisa!!!!

·         Dll……

 

Andai kehidupan berlaku kejam terhadap hidup anda… Bagaimana anda memulihkannya?

Jawabnya: Melalui salah satu alat terbesar yang pernah diciptakan Allah : “LAHIR KEMBALI”

 

BAB 4: PENUH KEDAMAIAN – SAYA TIDAK TERLALU KHAWATIR

Terapi  bebas kekhawatiran!!! Baca, hafal, hayati dan terapkan ayat-ayat berikut ini …

Minggu 1:

Filipi 4:13

“Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”

 

Minggu 2:

Yesaya 26:3

“ Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya.”

 

Minggu 3:

Mazmur 23:4

“Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.”

 

Minggu 4:

Lukas 11:9

“Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.”

 

Minggu 5:

Yohannes 15:7

“Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.”

 

Minggu 6:

Markus 11:24

“Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.”

 

Minggu 7:

1 Petrus 5:7

“Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.”

 

 

“Tuhan,,, tolong aku untuk mengingat bahwa tidak akan ada sesuatu yang tidak bisa aku dan Engkau kendalikan terjadi terhadapku hari ini…”

 

Jangan khawatir, hitung berkat Tuhan.

 

Formula menghilangkan kekhawatiran:

·         Percaya pada yang terbaik

·         Memikirkan hal-hal yang terbaik

·         Mempelajari yang terbaik

·         Mempunyai sasaran yang terbaik

·         Jangan pernah puas, sebelum menjadi yang terbaik dan mendapatkan yang terbaik.

 

BAB 5: SAYA BISA BERUBAH UNTUK YANG LEBIH BAIK

Hanya Kristus yang bisa mengubah kehidupan kita

 

BAB 6: HARAPAN – SAYA PUNYA MASA DEPAN!!!!

Yesus Kristus punya jawaban untuk masa depan kita… menyerahkan diri kita ke dalam tanganNya.

“Saya memiliki masa depan yang menakjubkan”

Apapun yang terjadi, kalau kita berada dalam tangan Allah, kita akan memiliki masa depan.

 

 

Hi…semua!!!!

Sekian dulu sekilas mengenai buku yang baru selesai kubaca. Semoga bisa berguna buat yang membacanya dan melahirkan semangat baru…Dan aku pun sangat meyakini bahwa masa depanku itu ada di dalam tanganNya, dan aku mau menantikan jawaban dari penantian ini… Tuhan aku ingin cepat dapat pekerjaan yang baik dan sesuai kehendakMu,,,Seluruh hidupku kuserahkan hanya ke dalam tanganMu.Amien….

Leave a Reply

