ESTER – Wanita yang Kuat dan Mulia!!!

Gw baru selesai baca buku Charles R. Swindoll “Ester – Wanita yang Kuat dan Mulia” … Dia akan selalu dikenang sebagai satu-satunya ratu yang berani melakukan intervensi… tadi subuh setelah terbangun dari tidur dan mata tak bisa lagi terpejam.

Ester memperlihatkan pesona dan keelokannya. Pengendalian dan penguasaan diri. Memiliki roh yang bisa diajar. Kesederhanaan dan keaslian. Sebuah pribadi yang menawan hati. Kerendahan hati, kekuatan dan ahrga diri. Tetapi yang paling utama, kehadiran Ratu Ester di hadapan istana Raja Ahasyweuros membawa nya dan bangsanya ke sebuah pencerahan dan titik balik. Kisah yang ditetapkan Tuhan begitu menakjubkan, Dia mengubah anak seorang hamba menjadi Ratu Persia dan menyelamatkan bangsa Yahudi yang dibuang ke Persia dan terancam akan dipunahkan oleh kekuasaan Haman, sang perdana menteri. Yang terutama, kita melihat kasih karunia, iman, dan keberanian yang mengidentifikasikan Ester sebagai wanita yagn berkenan di Mata Tuhan.

Dari peristiwa Ester kita belajar, bahwa pria dan wanita (Mordekhai dan Ester) dan kita semua Mordekhai-Mordekhai dan Ester-Ester zaman kini tidak akan menjadi besar karena kekuatan mereka sendiri, tetapi semata-mata karena dikuatkan Tuhan ketika mereka menyerahkan hidup mereka kepadaNya. Sesungguhnya, kehidupan besar di mata Tuhan ada di dalam jangkauan setiap orang yang tunduk kepadaNya.

Saya ingin meminjam perkataan “Bestie ten Boom” … tidak ada lubang yang terlalu dalam sehingga Ia tidak lebih dalam lagi. Tidak ada hati yang begitu keras sehingga Ia tidak mampu mengubahnya. Tidak ada tulisan yang begitu permanen sehingga ia tidak mampu menghapusnya. Tidak ada pemandangan yang begitu gelap sehingga ia tidak mampu meneranginya.”

Hati yang begitu keras dari seorang Haman yang licik, picik dan penuh kebencian kepada bangsa yahudi khususnya Mordekhai akhirnya diremukkan di sula/salib yang dibuatnya sendiri untuk menyulakan Mordekhai karena kebencian dan kekuasaan raja yang disalahgunakannya. Hati raja Ahasyweros yang penuh dengan kuasa, hanya dengan sebuah lambaian tangannya, menyebabkan seseorang akan tetap hidup atau mati ke kerajaan Persia, pada akhirnya tiba-tiba berubah… yang dengan mengulurkan tongkat emasnya kepada Ester dan mendengarkan permohonan Ester. Menakjubkan!!!!

Tidak ada hati yang begitu keras sehingga Allah tidak mampu menembusnya. Tidak ada kehendak yang begitu kokoh sehingga Ia tidak mampu mengatasinya, kapan saja Ia menginginkannya. Tidak seorangpun – Tidak peduli siapa dan tidak peduli betapa berkuasanya orang tersebut ~ yang dapat menandingi Allah yang hidup. Tidak ada hati yang begitu keras sehingga ia tidak bisa menajdi hancur di tangan Tuhan.

Yang sangat kuteladani dari Ratu Ester adalah kerendahan hatinya untuk berdiam diri menantikan jawaban dari Tuhan dalam bertindak dan melangkah, berdiam dalam segala penantiannya di tengah kebimbangan dan kelemahannya. Saat waktu Nya tiba benar-benar mendatangkan kebaikan, bisa dibayangkan klo Ester bertindak gegabah, pongah dan tanpa perintah dari Dia…bisa-bisa yagn terjadi adalah hal mengerikan ; bangsa Yahudi di punahkan, Mordekhai disulakan, Ester dihukum mati dan Haman bersorak sorai dalam kegilaan kekuasaannya. Namun, dalam kerendahan hati menantikan jawaban dari Tuhan semuanya terkendali dan membawa kebaikan damai sejahtera.

Tuhan…ajar aku agar bisa meneladani Ratu Ester… menjadi perempuan yang berkenan di hati Tuhan. Yang bisa tetap tenang dalam doa menyerahkan segalanya dalam masa penantian-penantian hidup ini, dan bertindak dengan benar sesuai kehendakMu. Ajar aku Bapa… menjadi seorang wanita yang takut akan Engkau, yang terbeban membawa keluargaku, orang-orang yang kusayangi untuk lebih dekat lagi kepadaMu…

Meneladani Ratu Ester… !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: